Rabu, 27 April 2011

Online Analytical Processing (OLAP)

Definisi OLAP


OLAP adalah akronim untuk istilah Online Analytical Processing atau yang saat ini lebih sering disebut dengan istilah BI (Business Intelligent) merupakan suatu cara untuk menganalisa data-data perusahaan dengan sangat mudah dan cepat dengan menggunakan teknik Drag and Drop, sehingga data-data tersebut dapat menjadi suatu rantai informasi yang lebih bermakna.
Teknik OLAP ini memiliki beberapa keuntungan yang diantaranya seperti berikut:
  • FAST. Dengan teknik OLAP ini informasi dapat diproses dengan sangat cepat. Untuk memproses data 1.000.000 transaksi hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2.5 menit dengan 10 dimensi dan 3 jenis ukuran.
  • ANALYSIS. System OLAP ini dapat mencakup Business Logic dan data analisa statistik yang relevan dengan data-data yang tersedia.
  • SHARED. System OLAP ini dapat diimplementasikan untuk menjaga kerahasiaan informasi. Sehingga setiap user dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.
  • MULTIDIMESIONAL. Kunci utama penggunaan aplikasi berbasis OLAP adalah kemampuan multidimensionalnya. Jadi setiap aplikasi berbasis OLAP harus selalu mendukung fitur ini.
  • INFORMATION. Data-data yang telah terorganisir dengan menggunakan OLAP secara tidak langsung akan membentuk informasi yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai output pelaporan data.
Berdasarkan pada alasan-alasan tersebut, PowerGEN mengembangkan suatu tools yang menggunakan konsep OLAP untuk perusahaan yang berniat mengembangkan data-data perusahaannya, sehingga data-data tersebut dapat lebih bermanfaat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar