Selasa, 24 Mei 2011

Analisis SWOT


ANALISIS
Perencanaan strategis adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi ini. Berbagai teknik analisis bisnis dapat digunakan dalam proses ini. Dalam makalah ini akan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats)
Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Strengths (Kekuatan)
  • Produk Telur Asin  memiliki kekuatan finansial yang cukup  besar bagi perekonomian warga Brebes. Hal ini membuat produk Telur Asin perlu untuk dilakukanya investasi pemasaraan yang lebih luas lagi. Selain itu, dengan  memiliki jaringan dan infrastruktur yang luas mencakup segenap wilayah tanah air sehingga memudahkan untuk melakukan ekspansi dan penetrasi pasar.
  • Sepanjang tahun 2010, jumlah peminat produk telur asin mengalami peningkatan yang signifikan. Terutama di waktu Libur panjang dan waktu libur lebaran,hal ini dikarenakan Kota Brebes sebagai jalur utama yang memisahkan antar Provinsi Jawa Barat dan Jawa tengah.
  • Pilihan produk dan jenis rasa yang berbeda-beda, serta beragam jenis layanan yang ditawarkan merupakan keunggulan strategis yang dimiliki Produk dari Telur Asin.
Weakness (Kelemahan)
  • Kurangnya pemahaman terhadap tata cara pengelolaan Pemasaran secara online.
  • Langkah-langakh setrategis seperti melakukan pemasaran yang lebih luas dengan melakukan pemasaran secara online dapat juga membuat para penjual mengalami kerugian jika mereka tdak tahu tata cara pemasaran secara online.
Opportunity (Peluang)
  • Produk Telur Asin memiliki peluang yang bagus untuk dipasarkan secara online,hal ini dikarenakan belum banyak yang melakukan pemasaran dengan cara seperti ini. Oleh sebab itu,dengan melakukan pemasaran seperti ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan serta pendapatan.
  • Undang-undang No. 11/2008 terkait dengan transaksi dan informasi secara elektronik, memungkinkan Telkom dapat memperluas peluang usaha di bidang informasi dan transaksi elektronik, termasuk e-payment.
  • Permintaan masyarakat yang tinggi akan akses internet merupakan pasar yang sangat potensial. Selain itu jumlah penduduk Indonesia yang besar, dan baru sedikit yang telah memiliki akses broadband internet, tentu merupakan peluang pasar yang sangat baik bagi pertumbuhan bisnis Telur Asin.
Threats (Ancaman)
  • Kondisi persaingan akan menjadi semakin ketat, para penjual produk Telur asin bertarung untuk mendapatkan para pelanggan. Diperkirakan persaingan ini akan terus berlanjut dan semakin ketat. Penyedia layanan multimedia, internet dan layanan yang terkait dengan komunikasi data di Indonesia pada dasarnya bersaing dalam hal harga, rentang layanan yang disediakan, kualitas jaringan, jangkauan jaringan dan kualitas layanan kepada pelanggan.
Referensi:

Analisis SWOT. http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT. Diunduh tanggal 25  Mei 2011.

Penerapan Analisa SWOT. http://rajapresentasi.com/2009/04/penerapan-analisa-swot/. Diunduh tanggal 24 Mei 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar